Tugas Untuk S3 Ilmu Pendidikan

TUGAS INDIVIDUAL

UNTUK MAHASISWA S3 ILMU PENDIDIKAN UNS

(TOPIK DISKUSI: PENELITIAN EKSPERIMENTAL)

Telah dilakukan penelitian untuk membandingkan efektivitas metode diskusi (pada kelompok eksperimental) dan metode ceramah (pada metode kontrol) pada matapelajaran Matematika.

Untuk itu, sebelum eksperimen dilakukan, dilakukan pendataan dan/atau pengukuran terhadap beberapa variabel yang terkait dengan subjek penelitian, melalui instrumen tertentu. Variabel-variabel tersebut adalah: jenis kelamin (JK), tingkat kecerdasan (IQ), tingkat ekonomi orang tua (TE), tingkat kemandirian siswa (TK), dan kemampuan awal siswa (KA) sebelum eksperimen. Setelah dilaksanakan eksperimen selama waktu tertentu, kepada mereka diberikan tes matematika yang sama. Nilai mereka (PM) beserta informasi yang terkait dengan meraka dapat dilihat pada Tabel 1 (untuk kelompok eksperimen) dan Tabel 2 (untuk kelompok kontrol)

Tabel 1. Informasi untuk Kelompok Eksperimen

(dengan Metode Diskusi)

NS

JK

IQ

TE

TK

KA

PM

1

L

130

T

T

9

8

2

L

125

T

S

8

7

3

P

120

S

R

6

7

4

L

110

S

R

7

6

5

L

100

R

R

5

6

6

P

90

S

R

4

5

7

P

90

T

R

5

5

8

P

150

T

T

8

9

9

L

150

S

T

9

9

10

L

145

R

T

9

9

11

P

155

S

T

9

9

12

L

135

S

S

7

8

13

L

140

T

S

8

8

14

P

120

T

S

6

7

15

P

110

S

R

6

6

16

L

130

T

S

7

8

17

L

115

S

S

6

7

18

P

125

R

S

7

7

Keterangan:

NS = nomor subjek; JK = jenis kelamin, IQ = tingkat kecerdasan, TE = tingkat ekonomi orang tua, KA = kemampuan awal sebelum eksperimen, PM = prestasi matematika,

Tabel 2. Informasi untuk Kelompok Eksperimen

(dengan Metode Ceramah)

NS

JK

IQ

TE

TK

KA

PM

1

L

110

T

R

6

6

2

P

130

S

S

9

8

3

L

100

T

T

7

6

4

L

105

R

T

8

6

5

P

120

T

S

9

7

6

P

115

S

R

6

7

7

L

90

R

R

5

5

8

L

95

T

S

5

5

9

L

100

T

T

7

6

10

L

90

S

T

7

5

11

P

115

T

S

8

7

12

L

110

S

S

6

6

13

L

105

R

T

8

6

14

L

100

R

R

8

6

15

L

95

S

S

4

5

16

P

120

T

R

6

7

17

P

130

S

T

8

8

18

P

125

T

S

9

7

19

L

110

R

T

5

6

20

P

130

R

T

7

8

Untuk menjawab tugas-tugas berikut, Anda dapat menggunakan paket program statistik, misalnya SPSS, atau dihitung secara manual dengan menggunakan kalkulator atau Excel. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan tingkat signifikansi 5%.

TUGAS 1

Sebelum eksperimen dimulai, harus ditunjukkan bahwa kedua kelompok (eksperimen dan pembanding) dalam keadaan sama, melalui suatu uji keseimbangan. Peneliti memilih variabel kemampuan awal (KA) untuk melakukan uji keseimbangan.

1.   Statistik uji apa yang dipakai untuk melakukan uji keseimbangan tersebut?

2.   Dengan data-data yang ada pada Tabel 1 dan Tabel 2, lakukanlah uji hipotesis yang mengatakan bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang sama sebelum dilakukan eksperimen.

3.   Dengan uji tersebut, apakah kedua kelompok seimbang? Mengapa?

4.   Berdasarkan kesimpulan pada butir nomor 3, seharusnya penelitian dapat dilanjutkan atau tidak setelah dilakukan uji keseimbangan? Mengapa?

TUGAS 2

Peneliti ingin menguji hipotesis yang mengatakan bahwa metode diskusi lebih efektif daripada metode ceramah pada mata pelajaran Matematika. Misalnya peneliti hanya menggunakan variabel PM saja, tanpa memperhatikan variabel-variabel lain, bagaimana hasil uji hipotesis tersebut? (Anda boleh memilih statistik uji yang tepat untuk menguji hipotesis bahwa metode diskusi lebih efektif daripada metode ceramah pada mata pelajaran Matematika).

TUGAS 3

Peneliti mencermati data IQ para siswa subjek penelitian kaitannya dengan data prestasi matematika siswa (PM) mereka. Peneliti menduga lebih baiknya prestasi salah satu kelompok daripada kelompok lain tidak disebabkan oleh lebih efektifnya suatu metode, tetapi karena salah satu kelompok mempunyai rerata IQ yang berbeda.

1.   Apakah benar bahwa siswa-siswa pada kelompok esperimen mempunyai IQ yang lebih baik daripada siswa-siswa pada kelompok kontrol. (Lakukan suatu uji hipotesis)

2.   Apakah benar bahwa terdapat korelasi positif antara kecerdasan siswa (IQ) dan prestasi matematika (PM)? (Lakukan suatu uji hipotesis)

3.   Apakah yang Anda lakukan untuk menyakinkan bahwa perbedaan prestasi antarkelompok tidak disebabkan oleh IQ siswa?

4.   Dengan melakukan pengontrolan IQ, ujilah hipotesis yang mengatakan bahwa metode diskusi lebih efektif daripada metode ceramah.

Untuk Tugas 4 dan Tugas 5, diasumsikan IQ memberikan efek yang sama pada dua kelompok (eksperimen dan kontrol).

TUGAS 4

Lakukanlah pengujian hipotesis penelitian berikut dengan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan variabel bebas metode dan tingkat ekonomi orang tua (TE) dan variabel terikat prestasi matematika (PM).

1.   Tanpa memperhatikan klasifikasi tingkat ekonomi orang tua siswa, metode diskusi lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.

2.   Tanpa memperhatikan metode, siswa-siswa yang tingkat ekonomi orang tuanya tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa-siswa yang tingkat ekonominya sedang.

3.   Untuk masing-masing klasifikasi tingkat ekonomi orang tua siswa, metode diskusi lebih efektif daripada metode ceramah.

4.   Jika Anda adalah penelitinya, saran apakah yang Anda munculkan sehubungan dengan penelitian tersebut?

TUGAS 5

Lakukanlah pengujian hipotesis penelitian berikut dengan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan variabel bebas metode dan tingkat kemandirian siswa (KM) dan variabel terikat prestasi matematika (PM).

1.   Tanpa memperhatikan klasifikasi tingkat kemandirian siswa, metode diskusi lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.

2.   Tanpa memperhatikan metode, siswa-siswa yang tingkat kemandiriannya tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa-siswa yang tingkat kemandiriannya sedang.

3.   Pada siswa-siswa yang tingkat kemandiriannya tinggi dan sedang, metode diskusi lebih efektif daripada metode ceramah; sedangkan pada siswa-siswa yang tingkat kemandiriannya rendah, metode diskusi sama efektifnya dengan metode ceramah.

4.   Jika Anda adalah penelitinya, saran apakah yang Anda munculkan sehubungan dengan penelitian tersebut?